"Berbagi Praktik Baik Literasi Digital" Resume Singkat Pertemuan Ke-17 GMLD

 Waktu Pelaksanaan        : Rabu, 8 Desember 2021 Pukul 16.00-18.00 Wib

Media Pelaksanaan        : Daring Via Wa Grup

Narasumber                    : Ibu Maria Sumakul 

Moderator                       : Ms. Phia Selfiarti M.Ed 


Hari-demi hari telah berlalu. tak terasa pelatihan GMLD yang kami ikuti sudah memasuki pertemuan ke- 17. Hal itu juga berarti tinggal 3 pertemuan lagi. maka kami para peserta berhak mengakhiri pelatihan kami dan memperoleh gelar sebagai Guru Motivator Literasi Digital Indonesia. Semoga saya dan rekan-rekan yang mengikutinya baik di grup GMLD 1-6 diberi kesehatan dan kekuatan sampai kami selesai mengikuti pelatihan ini dan juga tentunya ilmu yang didapatkan selama pelatihan ini dapat berguna untuk kami terapkan dalam kehidupan dan pekerjaan kami khususnya sebagai guru di sekolah dimana kami ditempatkan masing-masing.

Seperti biasa pertemuan kami sore ini akan  sore ini akan terbagi menjadi 4 sesi  yang terdiri dari sesi Pembukaan, Pemaparan materi dari narasumber, Sesi Diskusi, dan dilanjutakan dengan sesi terakhir yaitu Penutupan. Yang. menjadi narasumber di pertemuan kami kali ini adalah ibu Maria Sumakul Magdalena, beliau saat ini mengajar Komputer di SMP Tarakanita 
5 Jakarta Selatan, SD Tarakanita 1 dan SD Karakter. Sebelumnya selama 25 tahun berkarier menjadi pendidik, beliau telah pernah mengajar di SD Tarakanita Gading Serpong, TK dan SD Tarakanita 1, 2, dan 3, SD Materdei Pamulang, TK & SD Santa Ursula BSD, Pelatihan anak autis Pelangi Harapan di Pulo Mas, TK & SD Tirta Marta BPK Penabur, SD Pangudi Luhur Haji Nawi, Jakarta Selatan, SD Penabur Tangerang, dan SD Regina Caeli Cilengsi. Maria telah menulis sederet buku informatika yaitu : Buku Coding, ‘Saya Bisa Coding’ Level 1, 2, 3, 4; Buku Panduan Guru & Orang Tua Untuk SD / MI Penerbit Andi Jogja dan Buku Informatika SD/MI Kelas 4, 5 & 6 Penerbit Andi Jogja.Narasumber sendiri bisa di hubungi melalui surel mariasumakul@yahoo.com & sumakulmaria1@gmail.com. Sedangkan yang menjadi moderator kali ini tentunya orang yang sudah dikenal baik oleh kami para peserta GMLD, Belajar menulis, Public Speaking dan juga EFT PGRI karena keramahannya dan tentunya dengan skill dan bakat luar biasanya yaitu Ms. Phia Selfiarti M.Ed.

Narasumber kali ini sebelum menyampaikan presentasinya memberikan pembukaan tentang data pengguna internet di Indonesia yang ternyata jumlahnya sangat luarbiasa banyaknya tercatat dimana jumlah pengguna internet di negara kita berjumlah sekitar 274,9 juta atau sekitar 57,%, sedangkan pengguna ponsel berada di sekitar 245,3 juta serta pengguna media sosial yang berjumlah sekitar 170 juta. sebelum berbagi pengalamnya narasumber juga terlebih dulu memberikan definisi dari literasi digital yaitu" pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan atau  mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya".

sedangkan pengertian dari literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memanfaatkan media digital seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

Manfaat dari literasi digital antara lain sebagai berikut :
  • Menambah wawasan individu, kegiatan mencari dan memahami informasi.
  • meningkatkan kemampuan individu, untuk lebih kritis dalam berfikir, serta memahami informasi.
  • menambah penguasaaan "kosakata" individu, dari berbagai informasi yang dibaca.
  • meningkatkan kemampuan verbal individu 
  • literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.
  • menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkaikalimat, serta menulis informasi.
Hubungan Literasi Digital dan  dunia pendidikan adalah literasi digital mampu mengembangkan dunia pendidikan. literasi digital yang baik akan membuka akses yang semakin luas terhadap informasi. dan berakibat sektor pendidikan tentunya akan semakin  meningkat menjadi lebih baik.

relevansi literasi digital pada pembelajaran di masa pandemi menurut menteri pendidikan nadiem makariem pemenfaatan teknologi akan mampu mengakselerasi transformasi pendidikan dan mendorong lompatan kemajuan, khusunya di masa pandemi covid 19.
namun ada syarat wajib yang harus dipenuhi yakni pemanfaatan teknologi secara tepat sasaran dan kecakapan digital yang mencakup kemampuan dalam mengelola dan memanfaatkan sumber-sumber digital secara bijak.

relevansi literasi digital pada masa pembelajaran di masa pandemi terdiri dari :

  • kecakapan digital, yakni kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti lunak TIK seta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari.
  • Budaya digital yaitu kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan, dan membangun wawasan kebangasaan, nilai Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.
  • Etika Digital yaitu kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, dan menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan dan mengembangkan tata kelola etika digital dalam kehidupan sehari-hari.
  • keamanan digital yaitu kemampuan individu untuk mengenali, mempolakan,menerapkan, menganalisis, menimbang, meningkatkan, kesadaran perlindungan data pribadi dan keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari.
kenapa literasi digital harus diajarkan dalam dunia pendidikan? hal itu disebakan karena dekatnya anak-anak dengan media sosial rentan terhadap pengaruh negatif. kemudian dengan adanya pemahaman literasi digital bisa mencegah terjadinya kejahatan seperti Cyber bullying,phising, atau penipuan dengan berkedok 'iming-iming' dunia digital.

contoh literasi digital di sekolah antara lain adalah komunikasi dengan guru ataupun teman dengan menggunakan media sosial, Mengirim tugas sekolah lewat e-mail, pembelajaran dengan cara online, baik lewat aplikasi maupun web, dan mencari bahan ajar dari sumber terpercaya di internet.
sedangkan contoh literasi digital di rumah antara lain adalah melakukan penelusuran dengan menggunakan browser, mendengarkan musik dari layanan streaming secara resmi, melihat turorial memasak dari internet, serta menggunakan laptop yang tersambung ke internet untuk mengerjakan tugas ataupun pekerjaan.

Tujuan pembelajaran literasi digital di sekolah yaitu :
  • Meningkatkan kapasitas guru untuk menyajikan pembelajaran yang menarik bagi siswa melalui pemanfaatan media digital.
  • mengintegrasikan kompetensi dasar dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan digital, dan,
  • menumbuhkan karakter baik melalui pemanfaatan media digital dengan mengutamakan etika  dan norma sosial.
sedangkan manfaat lietasi digital bagi siswa antara lain adalah:
  • meningkatkan kemampuan siswa untuk untuk lebih kritis dalam berfikir serta memahami informasi.
  • menambah penguasaan kosakata siswa dari berbagai informasi yang dibaca.
  • meningkatkan kemampuan verbal siswa 
  • literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi siswa.
Contoh praktik baik yang terintergrasi dengan mapel dari narasumber kita hari ini  dapat kita lihat melalui gambar dibawah ini.






Menggoreng ikan Dicampur Bakmi 

digoreng terpisah jangan sekaligus 

Cukup sekian Resume dariku ini

Semoga mendapat Respon yang bagus 


Permata kecubung 8 Desember 2021


💖

Nehemia Sesario


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to ""Berbagi Praktik Baik Literasi Digital" Resume Singkat Pertemuan Ke-17 GMLD "