SATU GURU "Mengajar itu Menyenangkan" Sebuah Refleksi dari proses perjalanan menjadi seorang guru yang lebih baik.

 

"Apa sih arti menjadi seorang guru"?

Jika pertanyaan terebut diajukan kepada saya  sekitar  2 tahun pertama saat saya dipercayakan menjadi seorang guru pegawai negeri sipil di sebuah desa kecil bernama Sembikuan di Kabupaten Sukamara provinsi Kalimantan Tengah. Maka pada saat itu kemungkinan   saya akan menjawab bahwa  hal itu merupakan sebuah keterpaksaan saja. Jujur  memang mesti diakui ada kalanya takdir bisa membawa  seseorang untuk mendapatkan pekerjaan di luar keinginan hatinya sendiri. Tetapi melalui pengalaman saya terutama setelah bergabung di sebuah komunitas yang baru saja saya ikuti sekitar sebulan yang lalu yaitu "Guru Motivator Literasi Digital" maka perlahan tapi pasti saya sekarang dapat dengan bangga berkata bahwa saya bersyukur dan mencintai pekerjaan saya sebagai seorang guru.

Guru itu digugu dan ditiru.seperti kata Bapak pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantoro "Ing Ngarso Sung Tulodho Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani" yang kurang lebih artinya adalah sebagai berikut yaitu di depan guru memberikan teladan bagi anak didiknya , di tengah dia membangun kemauan mereka , dan di belakang dia memberikan dorongan dan pengaruh yang baik kearah kemandirian.semboyan itu pelan tapi pasti mulai saya pegang sebagai pengajar dan pendidik , dimana agar kita harus menjadi teladan, terus mau belajar dan juga terus memotivasi peserta didik kita agar dari hari ke sehari semakin menjadi lebih baik.

Saat ini saya bersyukur dipercayakan untuk turut membantu menjadi panitia dari sebuah kegerakan  baru dari banyak hal yang telah  dilakukan dan diinisiasi oleh Om Jay dan orang orang hebat lainnya.setelah sukses melalui program belajar menulis yang sampai sekarang sudah memasuki angkatan yang ke 22, juga kegiatan belajar Public speaking PGRI, Tryout P3k, dan Guru Motivator Literasi Digital yang saya ikuti sekarang terbentuk lagi suatu komunitas belajar baru yaitu English For Teacher. English For Teacher sangatlah menarik karena latar belakang orang-orang yang bergabung  didalamnya sendiri tidak semuanya merupakan seorang guru hal itu sekali lagi menunjukkan sebenarnya menjadi guru itu sendiri bukanlah hanya sebuah profesi tapi merupakan sebuah panggilan dan keinginan untuk berkontribusi meskipun itu bagi sebagian orang mungkin hanyalah merupakan hal kecil yang dapat kita lakukan. seperti kata pepatah dalam bahasa inggris "No one can do everything. but everyone can do something". 

Senang bisa bergabung dengan komunitas belajar PGRI ini karena setiap orang bisa berkontribusi asal sama sama mau belajar terutama itu yang saya rasakan karena meskipun berada di desa yang terkadang mengalami susah sinyal masih punya kesempatan untuk terus belajar dan mengupgrade diri dan juga bisa berbagi dengan apa yang bisa saya berikan untuk teman teman guru-guru yang lain.

Terimakasih juga buat dukungannya teman-teman dari PGRI dan guru-guru di Kalimantan Tengah yang mau mendukung kegiatan English For Teacher ini semoga ini juga merupakan kesempatan dan titik balik untuk menunjukkan bahwa guru-guru di Kalimantan Tengah juga merupakan guru-guru yang bagus dan juga mau untuk berbagi dengan guru-guru yang lain di seluruh Indonesia.

SATUGURU artinya buat saya adalah saat para guru-guru mau bersatu dan sama sama mau belajar dan berkontribusi untuk pendidikan di indonesia dimanapun mereka berada apapun latar belakang dan profesi mereka tetapi memutuskan sama sama mau bersatu demi pendidikan negara di negara kita Indonesia menjadi semakin lebih baik dan bukan tidak mungkin akan menjadi sejajar dengan pendidikan di negara-negara maju lainnya .


Salam Satu Guru


Permata Kecubung 29 November 2021



Nehemia Sesario


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SATU GURU "Mengajar itu Menyenangkan" Sebuah Refleksi dari proses perjalanan menjadi seorang guru yang lebih baik."

Posting Komentar